Jln Soekarno-Hatta, Telp (0293)-788249 Email = bpmppt@magelangkab.go.id
GELIAT INVESTASI DI DAERAH PDF Print E-mail
Written by BPMPPT   
Friday, 28 June 2013 08:27
Kinerja investasi atau penanaman modal sering hanya diukur atau dilihat dari kegiatan pembangunan pabrik baru atau perusahaan besar seperti pabrik industri pengolahan, hotel, dan restoran. Padahal apabila dilihat dari definisi penanaman modal menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, penanaman modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia. Definisi “segala bentuk kegiatan menanam modal” diartikan bahwa penanaman modal tidak hanya diartikan berdirinya perusahaan besar atau pabrik saja tetapi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah juga merupakan bentuk penanaman modal. Usaha toko kelontong dan pedagang kaki lima merupakan bentuk penanaman modal atau investasi.

Kinerja investasi di daerah, baik skala mikro, kecil, menengah dan besar dicatat secara rutin dalam Laporan penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu. Laporan ini disusun setiap bulan, triwulan, semesteran dan tahunan. Laporan ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja atau geliat investasi yang dilakukan oleh masyarakat. Berdasarkan data kinerja investasi tahun 2007-2012 terdapat peningkatan realisasi investasi yaitu :



Realisasi investasi terbesar pada sektor perdagangan dan jasa-jasa, yang sebagian besar kontribusinya berasal dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Sampai dengan Triwulan I tahun 2013, realisasi investasi dilaporkan sebesar Rp. 92,752 Milyar dengan 148 usaha yang menyerap 1.044 tenaga kerja.

Ke depan diharapkan realisasi investasi dapat lebih besar meskipun Kabupaten Magelang tidak didesain mendatangkan investasi industri dengan skala yang besar. Investasi di sektor pertanian yang berbasis konservasi dan jasa pendukung pariwisata merupakan investasi yang berbasis produk lokal Kabupaten Magelang. Investasi semacam ini akan lebih memiliki kontinuitas, keberlanjutan dan lebih mampu bertahan terhadap guncangan perekonomian di luar negeri. Semoga investasi berbasis produk lokal menjadi hal yang menarik bagi calon investor.
Share
Update terakhir  Dibaca: 405 kali.
 
Design by Team Dinas Kominfo Kab Magelang © 2013
Email : bpmppt[at]magelangkab[dot]go[dot]id